Macam Macam Busi Motor

Busi adalah salah satu komponen pengapian sangat vital yang bertugas meneruskan arus listrik yang di umpan oleh koil yang di teruskan oleh dua elektrodanya yaitu negatif dan positif.... Elektroda negatif berada pada ulir busi dan terhubung dengan elektroda yang ada di dalam tubuh busi..... Sedangkan elektroda positifnya adalah tonjolan bulat kecil yang terletak di tengah tengah hidung busi, letaknya berhadapan dengan ujung elektroda negatif busi..



1. Busi berkaki tunggal: Nah dilihat dari Elektordanya busi di bagi menjadi beberapa macam sob...... Gambar di atas adalah busi berkaki tunggal..



2. Busi berkaki melingkar: Biasanya busi ini meiliki kaki empat tetapi ujung nya terdapat lingkaran yang melingkari ujung elektroda positif busi... Fungsi dari busi ini untuk menghasilkan nyala api yang besar dan merata... Ada juga yang memiliki ujung busi yang melingkar yang tidak memiliki kaki, seperti gambar di atas sob... Busi ini memanfaatkan bibir bawah busi sebagai ujung negatifnya..



3. Busi berkaki empat: Semakin banyak elektroda jelas membuat busi berkaki empat ini semakin baik.. Syaangnya busi jenis ini sangat sensitif terhadap celah kerenggangannya, lebih dari 0.1 mm pengapiannya bakal terganggu.. Nyala busi ini sama aja dengan busi berkaki satu tetapi busi berkaki empat ini memiliki nyala api yang lebih merata karena nyala api bergantian mematikan api.... Ada juga busi berkaki tiga...

oke.....

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama