Melihat Sistem Operasi Blackberry 10



Melihat Sistem Operasi Blackberry 10 funkynetter sempat terkesimah di buatnya.. Ternyata dari spesifikasi yang ada Blackberry 10 jauh lebih menjanjikan di banding Sistem Operasi Android (Java) dan iOS (iPhone) walau sama sama dari keluarga UNIX.. Bahasa pemogramanya meliputi: C/ C++: (Native SDK) C++/Qt: (Cascades SDK) HTML5/JavaScript/CSS: (Webworks SDK, ActionScript: Adobe AIR) sedangkan Android dan Java: menggunakan C (inti), C++, Java (UI) untuk iOS: C, C++, Objective-C.



Dari Sistem Operasi yang ada maka jangan heran bila OS blackberry 10 ini mampu menjalankan aplikasi android... Karena pada dasarnya Android dan Java itu sama sehingga dapat berjalan di berbagai Platform yang berbeda.. Karena Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda



Blackberry 10 ini juga mendukung QT yang memungkinkan aplikasi berbasis Qt Symbian bisa berjalan di Platform Blackberry 10... Untuk tampilan OS Blackberry 10 yang terdapat pada headset Blackberry Z10 ini gak kalah dengan tampilan Android maupun iOS (iPhone) Dari segi browser, Browser Blackberry lebih hebat daripada browser bawaan Android maupun iPhone..

Dalam test yang dilakukan oleh Mobileburn dengan membandingkan hasil benchmark beberapa browser (disebut browsemark) dan hasilnya cukup mengejutkan. Browser blackberry 10 mampu mengungguli browser bawaan tablet android Samsung Galaxy Note 2. Hasil test lain yang menggunakan HTML 5 menunjukkan browser blackberry 10 mampu “membantai” safari milik iPhone...

Spesifikasi OS Blackberry 10:

-Company / developer: BlackBerry Ltd
-OS family: QNX (Unix-like)
-Working state: Current
-Source model: Closed source
-Initial release: January 30, 2013[1]
-Latest stable release: 10.2.1.2141 / February 14th, 2014
-Available language(s): Multilingual
-Available programming languages(s):
-C/ C++: Native SDK, C++/Qt: Cascades SDK, HTML5/JavaScript/CSS: Webworks SDK, ActionScript: Adobe AIR, Java: Android runtime.
-Supported platforms: BlackBerry line of smartphones
-Kernel type: Real-time microkernel (QNX)
-Default user interface: Graphical
-License: Proprietary

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama