Apa Itu Istilah FD atau Fuel Dilution

 


Hallo sobat semua apa kabar.. Pernahkah sobat sewaktu mengganti oli mesin sendiri di rumah, terus mencium bau bensin di bekas oli pembuangan? Jika pernah berarti motor sobat mengalami FD atau Fuel Dilution. Artinya kata Fuel Dilution sendiri adalah tercampurnya oli dengan bahan bakar. Biasanya bahan bakar masuk kedalam Crackcase mesin motor akibat kebocoran kompresi.. Ring piston sudah aus atau seal klep sudah auas... Bisa juga piston atau dinding piston sudah baret.. 


Dan satu lagi yang pengguna motor tidak mengetahuinya yaitu efek dari penggunaan bahan bakar beroktan tinggi pada mesin motor berkompresi rendah.. Seperti mesin motor Honda Beat FI yang memiliki kompresi 9.2:1 menggunakan BBM beroktan tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Turbo... Padahal BBM Pertamax di peruntukan untuk mesin berkompresi tinggi, sebagai contohnya Vario Tecno 110cc yang memiliki kompresi 11:1.


Fuel Dilution sebenarnya hal yang wajar, sebab pembakaran di ruang kompresi tidak selalu optimal.. Kebiasaan pengguna motor dari dulu yang suka memanasi mesin motor di pagi hari saat idle dalam waktu lama menjadi salah satu penyebabnya terjadi Fuel Dilution... Kejebak macet atau sering berkendara pelan juga termasuk akibat terjadinya Fuel Dilution...


Jenis Bahan Bakar Nilai Oktan / RON Rasio Kompresi
Premium 88 7-8 : 1
Pertalite 90 9-10 : 1
Pertamax 92 10-11 : 1
Pertamax Turbo 95 11-12 : 1
shell Super 92 10-11 : 1
Shell V-Power 95 11-12 : 1
Performance 92 92 10-11 : 1
Performance 95 95 11-12 : 1


Fuel Dulition lama lama di biarkan akan merusak mesin karena kekentalan oli menjadi berkurang atau semakin encer. Pelumasan oli jadi kurang maksimal dan mempercepat drain oli intervalnya... Bisa menimbulkan kerak pada mesin motor. 

Oke sobat semua, hati hati yang dalam penggunaan BBM beroktan tinggi di mesin motor berkompresi rendah.. Memang sih menggunakan BBM beroktan tinggi itu terasa enteng tarikan motornya.. Tapi fungsi sebenarnya BBM beroktan tinggi itu kan untuk mesin berkompresi tinggi, Tahan terhadap tekanan kompresi motor sehingga terbakar sempurna saat TMA..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama