Pengertian Modem Internet



Komputer tanpa modem itu ibarat handphone tanpa pulsa hehe,,, Kebanyakan komputer di dunia ini di gunakan untuk berselancar di dunia maya, entah buat bisnis atau mengejarkan tugas atau hanya sekedar bermain main. Nah dengan modem ini kita bisa menggunakan komputer yang ada di rumah untuk berselancar di dunia maya. Ada banyak jenis modem yang di gunakan untuk koneksI internet di komputer kita, ada Modem eksternal, Modem internal, Modem kabel, Modem ADSL atau DSL, Modem GSM, Modem Analog, Modem Kabel, Modem CDMA,

Pengertian dari modem itu sendiri adalah alat komunikasi dua arah yang mempunyai fungsi merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Pada saat komputer mengirimkan data ke internet, maka modem itu akan merubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog sehingga dapat di lewatkan melalui kabel telepon atau melalui udara. Pada saat komputer menerima data maka modem akan merubah sinyal analog dari kabel telefon atau udara menjadi sinyal digital yang kemudian akan di baca oleh komputer kita. Dengan ini maka komputer bisa saling bertukar data antara komputer satu dengan komputer yang lain.

Kecepatan modem mentransfer data di ukur dengan satuan bits per second bps atau bit per detik. Ada dua jenis modem bila di lihat dari pemasangannya yaitu Modem internal dan eksternal, kalau modem internal itu adalah modem yang pemasangannya di dalam komputer kita sedangkan modem eksternal adalah modem yang pemasangannya di luar komputer. Nah kalau yang ada di warnet warnet itu menggunakan modem eksternal dengan jenis modem adsl baik menggunakan kabel seperti speedy atau router atau pemancar.

Untuk modem adsl adalah Modem dengan teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yaitu menggunakan telepon rumah sekaligus digunakan sebagai modem komputer secara berbarengan. Kabel telefon di bagi menjadi dua jalur dengan menggunakan Splitter atau pembagi line yang satu ke modem yang satu ke jalur telefon. Splitter berfungsi untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Tetapi bila menggunakan pemancar radio atau router maka kabel dari router langsung masuk ke modem.

Untuk speedy sekarang sudah mendukung adsl 2+ tapi ya tau sendirilah kadang kadang koneksinya kurang stabil apalagi kalau jam jam sibuk seperti yang pernah admin alami. Tapi ada yang murah kenapa gak gitu hehe.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama