Es Dawet Ayu - Minuman Khas Banjarnegara



Hmmm buat yang sedang melakukan aktivitas di lapangan, pasti sering kelelahan dan rasanya pingen meminum minuman yang dingin seger,,,, entah itu es buah atau es teh, atau es dawet,,, Nah kali ini Funkynetter mau cerita sedikit tentang Es Dawet Ayu Sob,, Funkynetter suka banget sama minuman khas banjarnegara Es Dawet Ayu. Minuman ini adalah minuman kesukaan funkynetter sewaktu masih sekolah, Brrrr seger banget kalau di minum saat kita kita kehausan di siang hari bolong yang panas,,,

Es dawet atau Es cendol adalah minuman tradisional berbahan utama tepung yang berbentuk seperti ulat dan diberi kuah santan plus gula merah. Kalau di sunda orang menyebutnya dengan sebutan Es cendol. Es Dawet Ayu Khas Banjarnegaraini di buat antara perpaduan rasa cendol yang kenyal, dengan areh gula merah asli plus nangka ditambah santan yang gurih membuat aroma khas Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara, harga dari es dawet ini pun cukup murah.

Es Dawet Ayu ini biasanya di sajikan dalam mangkuk atau gelas besar. Dawet Ayu merupakan salah satu Maskot andalan Kabupaten Banjarnegara, terbukti dengan adanya patung 2 orang penjual dawet. Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara Biasanya di jula dengan mengunakan gerobak yang di hiasi dua orang tokoh wayang yang sangat terkenal, yaitu Semar dan Gareng. Maksudnya adalah semar dan gareng akan membentuk kata mareng yang artinya adalah musim kemarau. Konon musim kemarau pada siang hari berhawa udara panas, makanya Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara menjadi jawaranya (Penghilang dahaga paling mantab).

Tapi ada sedikit perbedaan mengenai es dawet ayu dengan es dawet biasanya. Kalau es dawet biasanya harganya lebih murah daripada es dawet ayu, bentuknya pun berbeda dengan es dawet ayu, kalau es dawet biasanya bentuknya panjang kayak cacing, agak kanyal kanyal tapi keras dan berwarna hijau, sedangkan es dawet ayu bentuknya pendek berwarna hijau kebiru biruan, agak kenyal tapi lembek kalau di pegang.

Di Cilacap funkynetter kalau pulang sekolah pas lagi ada duit pasti nyempetin mampir ke penjual Es Dawet Ayu yang ada di sekitar Bundaran Gumilir, Cilacap,,,,, Hmmm di situ Es Dawet Ayu nya ennakkk banget,, Harganya Es Dawet Ayu ini lebih mahal daripada es dawet biasa, ya kisaran 2rb perak dulu th 2003 an. Kalau dawet biasa kan cuma 500 perak tapi gak enak. (kalau sekarang mungkin sudah mencapai 6rb an atau lebih yak hehehe).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama