Sistem Injeksi Pada Sepeda Motor

Sekarang sistem motor injeksi sudah banyak d terapkan pada motor motor keluaran baru, sistem ini lebih di sukai daripada sistem lama yang masih menggunakan karburator.. Programed Fuel Injection (PGM-FI) pengabutan bahan bakar jadi lebih homogen dan irit, untuk tenaga mesin juga meningkat... Jadi perfoma mesin menjadi besar dengan komsumsi bahan bakar paling irit.



Secara garis besar sistem injeksi ini di bagi menjadi beberapa bagaian yaitu pompa bensin, Fuel Pressure Regulator (FFR)dan injektornya.... Berbeda dengan sistem karburator yang menggunakan gaya gravitasi bumi untuk mengalirkan bensin ke karburatornya.. sistem injeksi ini menggunakan pompa untuk mengalirkannya ke FFR..



Nah sob sebelum bahan bakar masuk ke ruang bakar, tekanan dalam saluran bensin menurun seiring dengan panjangnya saluran bahan bakar tersebut yang kerap terjadi di dalam Intake Manifold..... FFR itu sendiri bertugas untuk menjaga Pressure agar tetap konstan pada angka 2.9kg/cm(persegi).. Setelah tekanan di dalam sistem menjadi konstan, makan campuran bensin dan udara akan di semprotkan ke ruang bakar melalui Injektor.. Injektor ini bertugas untuk membuat campuran bensin dan udara menjadi Droplet atau bintik halus agar mudah di picu oleh busi...

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama