Rokok Itu Berbahaya



Rokok terbuat dari tembakau yg dibungkus kertas kemudian dijual. Tetapi ada pula rokok yg dibuat sendiri oleh si perokok untuk kemudian di hisap sendiri. Rokok merupakan zat adiktif yg dapat merusak kesehatan dan menyebabkan berbagi macam penyakit, antara lainnya penyakit paru paru, dan jantung, bahkan kematian.

A. Zat zat berbahaya yg terkandung dalam rokok

1. Nikotin
Nikotin adalah zat umum yg terdapat dalam daun tembakau. Zat ini sangat beracun, mudah diserap lewat kulit, berwarna kuning agak pucat, dan jika terkena cahaya akan menjadi coklat. Bau dan rasanya tidak enak. Menelan 2 atau 3 tetes nikotin murni dapat membunuh seseorang. Nikotin berfungsi sebagai stimulan yg mempercepat kegiatan dalam otak. Nikotin dianggap lebih adiktif dibanding heroin. Semakin muda seseorang mulai merokok, maka semakin sulit untuk berhentinya.

2. Tar tembakau
Tar adalah penyebab utama kanker paru paru bagi perokok, sehingga disebut bersifat karsinogenik. Tar juga mengakibatkan penyakit penyakit tenggorokan dan pernapasan. Seorang perokok yg menghabiskan satu setengah bungkus rokok berarti ia menyedot tar tembakau sekitar 1,136 liter setahun ke dalam paru parunya.

3. Karbon monoksida
Karbon monoksida adalah gas yg sangat beracun dan berbahaya. Gas ini dihasilkan dari pembakaran yg tidak sempurna, misalnya mesin kendaraan bermotor yg dikeluarkan lewat knalpot. Merokok juga merupakan pembakaran yg tidak sempurna, sehingga menyebabkan kadar karbon monoksida di dalam paru paru lebih tinggi dibandingkan dengan menghirup udara tercemar. Sangat tidak di anjurkan merokok di tempat yg terbatas oksigennya.. misalkan ditempat tertutup.. ruangan berAC atau kendaraan umum. Gas karbon monoksida merupakan gas yg tidak berwarna dan berbau. Di dalam darah, gas CO lebih reaktif dibanding oksigen, kurang lebih 200kali kuat daya pengikatnya dibanding oksigen. Akibatnya, haemoglobin (Hb) dalam darah lebih mudah mengikat gas CO daripada gas O2.


Reaksi haemoglobin dengan gas O2 dan CO adalah sebagai berikut:
Hb+02--->HbO2
Hb+CO--->HbCO
Jika Hb mengikat gas O2, HbO2 yang terbentuk akan melepaskan O2 yang dibawanya sesuai dengan sistem transportasi O2 dalam darah, sehingga Hb dapat mengangkut O2 yang lain yg masuk melalui pernapasan. Dengan demikian, fungsi Hb sebagai sarana transportasi O2 dalam darah dapat berjalan. Sedangkan jika Hb mengikat gas CO2, HbCO yang terbentuk bersifat sangat stabil dan sulit terurai, sehingga Hb tidak dapat melepaskan CO dari ikatannya. Jika demikian, Hb tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai sarana transportasi O2 dalam darah, bahkan fungsi darah akan teracuni oleh gas CO.

4. Bahan bahan kimia lain
Lebih dari 4.000 zat zat lain dapat ditemukan dalam asap rokok. Sebagain beracun dan 43 diantaranya diketahui dapat menyebabkan penyakit kanker. Beberapa dari bahan tersebut diantaranya aseton, amoniak, dan hidrogen sulfida.


b. Perokok pasif
Perokok pasif adalah orang yg tidak ikut merokok tapi ikut mengisap asap rokok. Perokok pasif berisiko mendapat kanker paru paru, serangan, dan penyakit pernapasan yg lain. Sesorang bukan perokok yg tinggal bersama perokok aktif memiliki kecenderungan lebih besar untuk terkena penyakit pernapasan daripada mereka yg tinggal dikawasan bebas rokok.


c. Akibatnya yg ditimbulkan setelah merokok

1. Pengaruh langsung setelah merokok
ᄂ peningkatan denyut jantung
ᄂ berkeringat
ᄂ nafas berbau rokok
ᄂ mual atau ingin muntah
ᄂ pusing
ᄂ keluar air liur
ᄂ tenggorakan gatal
ᄂ pakaian bau asap rokok

2. Pengaruh pada system pernapasan
ᄂ bronkitis
ᄂ kanker paru paru akibat tar dalam rokok
ᄂ berdahak
ᄂ susah bernafas
ᄂ padang saluran pernapasan

3. Pengaruh pada sistem jantung dan pembuluh darah
ᄂ tekanan darah tinggi
ᄂ terkena serangan jantung
ᄂ penyempitan pembuluh darah

5. Pengaruh pada sistem reproduksi dan pengaruhnya pada bayi
ᄂ ibu hamil yg merokok dapat menyebabkan berkurangnya fungsi paru paru dan sempitnya jalan pernapasan bayinya
ᄂ keguguran pada kehamilan
ᄂ bayi yg dilahirkan beratnya berkurang
ᄂ pertumbuhan bayi terhambat

5. Pengaruhnya pada sistem pencernaan
ᄂ lambung dan usus terluka

6. Pengaruhnya pada sistem saraf
ᄂ pembuluh darah menyempit
ᄂ stoke

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama